Pilihan Karir Untuk Lulusan Ilmu Farmasi

Lulusan Farmasi Kerja Apa? Simak Pilihan Karir yang Bisa Dipilih Berikut Ini



Selama ini jurusan ilmu farmasi identik dengan menjadi apoteker. Tidak bisa dipungkiri memang jurusan ini mempelajari tentang struktur senyawa obat dan pengolahan obat. Tujuannya supaya obat yang beredar di pasaran sesuai dengan standar dan aman dikonsumsi. Namun perlu dipahami jika lulusannya tidak selalu bekerja sebagai apoteker, ada banyak pekerjaan lainnya yang cocok untuk lulusan jurusan ini. Lalu, Lulusan farmasi kerja apa sih?

Berikut ini merupakan pilihan karir atau pekerjaan yang bisa dipilih.

Sekilas Tentang Jurusan Ilmu Farmasi 
Farmasi merupakan bidang profesional yang mengkombinasikan antara ilmu kesehatan dengan ilmu kimia.  Serta memiliki tanggung jawab untuk memastikan efektivitas serta keamanan dalam penggunaan obat. Lulusan dari ilmu farmasi diharapkan bisa melakukan praktek farmasi tradisional hingga modern. Selain itu juga memastikan keamanan penggunaan obat dan penyedia informasi mengenai obat-obatan.

Lulusan Ilmu Farmasi Kerja Apa Selain Menjadi Apoteker?
Mengetahui lulusan ilmu farmasi kerja apa selain menjadi apoteker merupakan hal yang penting. Hal ini bertujuan agar lulusan dari jurusan ini tidak hanya terpaku pada apoteker saja sebagai pilihan karir di masa depan. Lalu lulusan ilmu farmasi kerja apa selain menjadi apoteker?

1. Dosen 


Lulusan ilmu farmasi bisa menjadi dosen. Bahkan pekerjaan ini memiliki prospek yang cerah karena memang belum banyak peminatnya. Akan tetapi untuk menjadi dosen diharuskan untuk terlebih dahulu melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Setelah lulus kemudian melamar ke kampus-kampus terbaik di negeri ini.

2. Industri Farmasi 

Selain menjadi apoteker, lulusan ilmu farmasi juga banyak yang bekerja di industri farmasi. Hal ini tidak terlepas dari industri farmasi di Indonesia yang jumlahnya terus bertambah  sehingga membutuhkan banyak pekerja yang ahli di bidang ini. Untuk bekerja di bidang ini diharuskan memahami dasar cara pembuatan obat yang baik.

3. Farmasi Rumah Sakit 

Bagi lulusan ilmu farmasi dan saat kuliah mengambil konsentrasi Farmasi Klinik dan Komunitas, pekerjaan yang sesuai adalah bekerja di rumah sakit. Mereka memiliki tanggung jawab dalam hal pengadaan, penyimpanan, peracikan obat-obatan, inventaris obat, memberikan obat kepada pasien rawat jalan, memberikan konseling pada pasien dan memantau adanya medication error di lingkungan farmasi rumah sakit.

4. Peneliti Farmasi 


Lulusan ilmu farmasi juga bisa menjadi seorang peneliti dalam bidang farmasi. Tetapi tidak hanya menjadi peneliti dalam dunia pendidikan saja. Penelitian yang biasanya dilakukan adalah penelitian terhadap potensi dari tanaman obat yang ada di Indonesia. Menjadi seorang peneliti farmasi bisa bekerja di badan penelitian pemerintah, misalnya LIPI.

5. Bekerja di Sektor Swasta

Pertanyaan lulusan ilmu farmasi kerja apa juga bisa dijawab dengan bekerja di sektor swasta. Bekerja di perusahaan nasional yang bergerak di bidang industri obat-obatan. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya sangat membutuhkan lulusan ilmu farmasi. Perusahaan tersebut adalah Kalbe Farma, Mead Johnson dan sebagainya.

6. Ekonom Kesehatan

Jangan heran jika pertanyaan mengenai lulusan ilmu farmasi kerja apa bisa dijawab dengan menjadi seorang ekonom kesehatan. Karena, ekonom kesehatan ini merupakan profesional yang menyelidiki bagaimana sumber daya digunakan untuk perawatan kesehatan dan ilmu farmasi juga bisa memasuki bidang ini. Biasanya ekonom  kesehatan bekerja untuk publik dan perusahaan swasta. Ekonom kesehatan sangat cocok untuk lulusan farmasi yang memiliki kemampuan pikiran analisis yang sangat baik serta memiliki motivasi meningkatkan kesehatan masyarakat.

7. Pedagang Besar Farmasi (PBF)


Pedagang besar farmasi  memiliki peran cukup penting sebagai penyalur obat dari berbagai industri farmasi. Sehingga bisa dengan cepat melayani kebutuhan apoteker dan melayani kebutuhan penderita akan obat. Jadi pedagang besar farmasi memiliki peran penting dalam pendistribusian obat. Mulai dari industri farmasi hingga ke jalur terakhir, seperti apotek dan rumah sakit.

8. Pelayanan Farmasi di Pemerintahan

Terakhir, lulusan ilmu farmasi kerja apa juga bisa dijawab dengan menjadi pelayan farmasi di pemerintahan. Karena ternyata lulusan ilmu farmasi juga disediakan lapangan pekerjaan untuk selalu berkarya dalam instansi pemerintahan. Antara lain bekerja di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) atau Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dan juga di dinas kesehatan. 
Memahami lulusan ilmu farmasi kerja apa juga penting untuk dilakukan oleh masyarakat luas. Pasalnya, masih banyak yang takut untuk memasuki jurusan ini karena dianggap memiliki peluang kerja yang sedikit.

Itulah informasi mengenai lulusan ilmu farmasi kerja apa. Ingin mendapat pengetahuan lebih banyak soal jurusan ilmu farmasi ? Ikuti terus informasi terbaru dari CekAja.com ya.
https://www.cekaja.com/info/8-pilihan-pekerjaan-jurusan-ilmu-farmasi-selain-jadi-apoteker/

1 komentar:

  1. Sebenarnya pendidikan apapun yang kita tempuh, gak usah galau kerjaan apa yang nanti bisa dikerjakan.
    Kayak Farmasi ini, ternyata lapangan pekerjaannya luas banget.

    BalasHapus