Ini Dia Bahan Bahan Bahaya Makeup Palsu

Bahan-bahan Bahaya Make Up Palsu



Industri make up tumbuh sangat pesat akhir-akhir ini. Pertumbuhan ini karena banyak munculnya beauty vlogger di media internet.
Para wanita pun berlomba-lomba untuk mendapatkan hasil yang serupa dengan beauty vlogger idola mereka. Itulah yang menyebabkan penjualan make up meningkat juga. Namun, harga make up yang cenderung mahal membuat banyak kaum hawa mengurungkan niatnya untuk tampil cantik ala beauty vlogger. Hal ini justru dimanfaatkan oleh oknum produsen make up palsu untuk membuat make up dengan harga yang terjangkau untuk memenuhi kebutuhan pasar. Keberadaan make up palsu tentu saja sangat meresahkan, baik itu dari produsen make up asli maupun dari konsumen. Meskipun memiliki tampilan yang serupa dengan make up asli, make up palsu memiliki kandungan bahan-bahan yang berbahaya bagi manusia. Apa sajakah itu? Berikut ini adalah bahan bahan bahaya makeup palsu :


1. Hydroquinone

Hydroquinone merupakan salah satu komponen yang ditemukan dalam produk make up palsu berupa krim pencerah wajah. Penggunaan hydroquinone perlu supervisi dari dokter. Jika tidak, maka hydroquinone ini dapat mengakibatkan efek berupa perubahan warna menjadi biru keabu-abuan pada pigmen kulit. Kondisi ini biasa disebut dengan Okronosis Eksogen. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka dapat memicu terjadinya kanker kulit.

2. Merkuri

Penggunaan merkuri pada produk make up palsu sangat sering dijumpai untuk produk krim pencerah wajah, lipstik, dan sabun. Efek dari merkuri ini dapat dirasakan jika terjadi kontak dengan kulit, terhirup, atau tertelan. Efek merkuri pada kulit dapat mengakibatkan peradangan kulit. Sedangkan efek pada sistem organ adalah gangguan sistem saraf, tremor, depresi, gangguan memori, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, gangguan ginjal, hipertensi, gangguan janin.

3. Kortikosteroid Topikal

Kortikosteroid Topikal dapat dijumpai pada produk make up palsu dalam bentuk krim pencerah wajah. Efek kortikosteroid topikal pada kulit sendiri, dapat menimbulkan pembuluh darah melebar dan berkelok-kelok, munculnya bintil banyak menyebar di seluruh permukaan kulit, tumbuh bulu pada wajah yang tidak seharusnya juga bisa menyebabkan jerawat. Efek lain dari kortikosteroid topikal pada tubuh adalah katarak, sistem saraf, hipertensi, gangguan jantung.

4. Asam Retinoat

Asam Retinoat memiliki efek untuk mengelupaskan kulit secara kimiawi. Penggunaan asam retinoat harus dalam pengawasan dokter. Jika penggunaannya tidak diawasi oleh dokter, seperti pada produk make up palsu, maka dapat mengakibatkan kulit kering, rasa terbakar dan teratogenik atau menyebabkan cacat pada janin.

5. Pewarna Merah K3 dan K10

Produsen make up palsu biasanya menggunakan pewarna merah K3 dan K10 untuk pewarna produk make up palsu mereka, terutama untuk produk seperti eye shadow, perona pipi, dan lipstik. Dengan menggunakan pewarna merah K3 dan K10, warna produk make up palsu jadi terlihat lebih mencolok. Sayangnya, pewarna merah K3 dan K10 merupakan bahan pewarna yang lumrah digunakan dalam industri tekstil. Penggunaan bahan pewarna K3 dan K10 untuk make up kulit dapat mengakibatkan kanker hati, tumor kulit, dan berbahaya pada sistem saraf.

6. Timbal

Timbal biasa digunakan untuk produk make up palsu seperti pewarna kulit dan rambut, lipstik, lipgloss, eye shadow, bedak tabur, body lotion, dan sampo. Efek samping dari timbal sendiri adalah dapat mengganggu sistem syaraf, mengganggu saluran pencernaan, menurunkan jumlah sperma bagi pria, dan menyebabkan keguguran bagi wanita.


Kesimpulan

Itulah beberapa kandungan bahan-bahan yang berbahaya dalam make up palsu. Jangan sampai Anda dan keluarga Anda terkena kontaminasi bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam make up palsu. Untuk informasi lebih lengkap seputar ciri kosmetik palsu, silahkan kunjungi artikel CekAja.com di https://www.cekaja.com/info/edan-ini-ciri-dan-bahaya-kosmetik-palsu-yang-pernah-diingatkan-tasya-farasya/. Dengan maraknya kasus kosmetik palsu, Anda harus semakin berhati-hati dalam membeli kosmetik. Selalu beli kosmetik asli dari masing-masing brand. Anda pun harus bersabar juga dalam membeli kosmetik asli dari brand ternama yang biasa dibanderol dengan harga mahal. Eitss tapi itu dulu! Sekarang, Anda bisa membeli kosmetik dari brand ternama dengan mudah dan cepat dengan menggunakan kartu kredit. Segera ajukan kartu kredit Anda di CekAja.com! CekAja.com telah menjalin kerjasama dengan puluhan bank ternama di Indonesia. Prosesnya pun cepat dan mudah.

2 komentar:

  1. Dalam memilih produk kosmetik memang harus hati2 yaa. Kalo beli yang branded harus di tokonya langsung atau agen yang terpercaya untuk menghindari salah beli produk palsu.

    BalasHapus
  2. Sering banget liat produk yang mengandung Hydroquinone ini. Tp masih diperjualbelikan secara bebas dan masih ada aja yg beli. 😭

    BalasHapus